Kenaikan Tarif Tol
1. Latar Belakang Masalah
Fenomena
Bagi Anda pengguna setia tol ( termasuk dalam kota ) khususnya bagi pengguna kendaraan pribadi roda empat, siap-siap menambah pengeluaran, menyusul kenaikan tarif di 14 ruas yang tersebar di Indonesia.Sekarang ini banyak media yang membincangkan masalah yang menyangkut kenaikan tarif tol yang sedang hangat dan diberlakukan mulai Jumat , 7 Oktober 2011 pukul 00:00 WIB dini hari. Kenaikan yang berkisar antara 5,9 sampai 25 persen.Presentase kenaikan yang ditetapkan operator pemilik tol antara Rp 500 dan Rp 2.500. Penetapan ini sudah tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 277/KPTS/M/2011 tanggal 27 September 2011.
Sementara itu kita lihat jumlah lalu lintas dari tahun 2006-2010.
Volume Lalu lintas per Cabang tahun 2006-2010 (kendaraan)
Traffic Volume for all of the branches in 2006-2010 (vehicle)
Jalan Tol Toll Roads | 2006 | 2007 | 2008 | 2009 | 2010 |
Jagorawi | 116.716.302 | 116.083.248 | 115.489.491 | 120.335.657 | 125.221.555 |
Jakarta-Cikampek | 105.229.668 | 109.643.804 | 123.250.044 | 125.104.095 | 132.602.575 |
Jakarta-Tangerang | 106.514.393 | 112.882.477 | 115.866.709 | 119.147.084 | 128.115.254 |
Cawang-Tomang-Cengkareng *) | 257.262.429 | 256.018.304 | 249.153.889 | 252.130.745 | 246.612.903 |
Purbaleunyi | 48.791.975 | 52.135.719 | 54.513.577 | 65.259.991 | 69.632.887 |
Surabaya-Gempol | 55.919.420 | 53.749.793 | 56.787.700 | 60.371.093 | 63.283.963 |
Semarang | 24.247.816 | 25.702.016 | 27.328.929 | 28.592.102 | 32.072.140 |
Belmera | 15.949.732 | 16.798.363 | 17.043.346 | 16.949.746 | 17.211.382 |
Palikanci | 12.604.652 | 13.721.887 | 14.638.586 | 15.367.946 | 15.435.768 |
Jakarta Outer Ring Road | 86.041.576 | 102.585.511 | 105.984.766 | 112.541.624 | 119.392.236 |
Bogor Ring Road | - | - | - | 683.088 | 7.309.735 |
Total | 829.277.963 | 859.321.122 | 880.057.037 | 916.483.171 | 950.749.331 |
Catatan *) :
Volume lalulintas untuk kantor Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng termasuk volume lalu lintas pada jalan tol Prof. Dr. Soedijatmo dan JIRR yang dioperasikan oleh CMNP, berdasarkan perjanjian pola bagi hasil.
**) Data Sementara
***) Proses Input
Dengan table diatas kita dapat melihat Volume Lalu lintas per Cabang tahun 2006-2010 (kendaraan) kenyataanya :
Pada tahun 2006
Terbanyak : 116.716.302 kendaraan yang melewati Jagorawi
Terendah : Nol kendaraan yag melewati Bogor Ring Road
Pada thaun 2007
Terbanyak : 116.083.248 kendaraan yang melewati Jagorawi.
Terendah : Nol kendaraan yag melewati Bogor Ring Road
Pada Tahun 2008
Terbanyak : 249.153.889 kendaraan yang melewati Cawang-Tomang-Cengkareng .
Terendah : Nol kendaraan yag melewati Bogor Ring Road
Pada Tahun 2009
Terbanyak : 252.130.745 kendaraan yang melewati Cawang-Tomang-Cengkareng .
Terendah : 683.088 kendaranan yang melewati Bogor Ring Road.
Pada tahun 2010
Terbanyak : 132.602.575 kendaraan yang melewati Jagorawi.
Terendah : 7.309.735 kendaranan yang melewati Bogor Ring Road.
Penelitian sebelumnya
Nah sekarang ini sedang hangatnya membincangkan tarif tol yang sudah mulai duberlakukan pada jumat 7 Oktober 2011 pukul 00:00 WIB dini hari.Saya menunjukan table tariff tol yang lama dan yang baru .
Ruas Jalan | Tarif Lama | Tarif Baru |
Tol Jagorawi | 6.500 | 7.000 |
Tol Jakarta-Tangerang | 4.000 | 4.500 |
Tol Dalam Kota Jakarta | 6.500 | 7.000 |
Tol JORR (Ulujami-Cilincing) | 7.000 | 7.500 |
Tol Padalarang-Cileunyi | 6.500 | 7.000 |
Tol Surabaya-Gempol | 3.000 | 3.500 |
Tol Palimanan-Kanci | 8.500 | 9.000 |
Tol Cikampek-Padalarang | 27.500 | 29.500 |
Tol Belawan-Tj Morawa | 5.000 | 5.500 |
Tol Serpong-Pondok Aren | 4.000 | 4.500 |
Tol Tangerang-Merak | 28.500 | 31.000 |
Tol Ulujami-Pondok Aren | 2.000 | 2.500 |
Riset Terdahulu
Sebut saja Tri WiwinSelasa (4/10), seorang karyawan di salah satu bank swasta di Kebun Jeruk, Jakarta menolak kenaikan tarif tol tersebut. Kendati kenaikan hanya sebesar Rp500, ia menegaskan bahwa hal itu tidak sesuai dengan layanan yang dinikmatinya di jalan tol.
Adikara( 3/10), Menurut dia, kenaikan tarif tidak diimbangi dengan pelayanan di jalan tol yang bagus. "Jalan tol tetap saja macet,"
Berbeda dengan Aryo (3/10) yang mengaku tak keberatan jika tarif tol naik. Asalkan, dia memberi syarat, pelayanan ikut membaik. Ada pelebaran jalan. "Terutama jalannya diperbaiki. Masih ada yang bergelombang, seperti di tol lingkar luar Serpong,"
Motivasi Penelitian
Berdasarkan fenomena ditambah dengan riset terdahulu (Tri WiwinSelasa, Adikara, Aryo),serta rekomendasi Tri WiwinSelasa (4/10), Adikara( 3/10), Aryo (3/10) Maka penelitian tentang Kenaikan tarif Tol sekarang ini ,merupakan motivasi penelitian ini .
Pustaka
Dewi Listianingsih / 15209885
3EA11
Tugas ini untuk Bpk .prihantoro
0 komentar:
Posting Komentar