BLOGGER TEMPLATES AND Formspring Backgrounds »

Kamis, 19 Mei 2011

Olahraga untuk Hidup Sehat


Belakangan ini gaya hidup sehat sudah mulai berkembang di masyarakat Indonesia. Salah satu tips kesehatan agar badan kita terjaga adalah dengan makan makanan berpola 4 sehat 5 sempurna dan tak lupa berolahraga. Banyak para pakar kesehatan menganjurkan kita olah raga sebagai pola hidup sehat. Banyak manfaat yang didapat dari kita berolahraga.
Manfaat yang pertama dari berolahraga adalah meningkatkan kemampuan otak kita. Dengan berolahraga kadar oksigen di dalam darah akan meningkat. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan otak dan fokus kita terhadap apa yang kita lakukan.
Yang kedua adalah pengurang rasa stress. Olah raga bisa menjadi sebuah hiburan bagi kita. Masalah-masalah yang kita hadapi baik dari keluarga maupun pekerjaan kita sehari-hari pastinya membuat kita stress. Dengan berolahraga kita dapat meregangkan otot kita sehingga kadar stress dapat berkurang
Yang ketiga adalah maningkatkan daya tahan tubuh. Orang yang sering berolahraga akan jarang sakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Ini disebabkan dengan berolahraga hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin meningkat. Hormon-hormon ini memiliki fungsi meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Sehingga orang yang berolahraga kebugaran tubuhnya akan selalu terjaga.
Yang keempat adalah penebal rasa percaya diri. Olah raga adalah sarana untuk membentuk bentuk tubuh. Dengan berolahraga secara rutin bentuk tubuh akan terbentuk secara perlahan. Berat badan juga akan terkontrol karena lemak akan terbakar saat kita berolah raga. Dengan bentuk tubuh yang proporsional kita akan merasa lebih percaya diri.
Saat ini banyak cara untuk melakukan olahraga. Banyak fasilitas-fasilitas yang dibuka di berbagai tempat untuk olahraga. Diantaranya ada tempat gym, tempat tenis, bulu tangkis dan lapangan futsal. Selain tempat-tempat untuk olahraga berat kita juga dapat berolahraga ringan di rumah.
Saat ini yang yang menjadi masalah adalah kemauan untuk berolahraga. Kesibukan pada pekerjaan rasanya sudah menjadikan kita malas untuk berolahraga. Padahal olah raga sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Alangkah baiknya Anda menyempatkan waktu walau hanya sebentar untuk berolahraga. Ini akan begitu bermanfaat bagi Anda.

0 komentar: